.

Alur Pendaftaran Online PPDB SMA Tahun 2015

Berdasarkan proses pada situs demo PPDB online SMA di Kabupaten Jombang, berikut diberikan gambaran proses pendaftaran online menuju jenjang SMA melalui situs jombang.siap-ppdb.com

1. Calon peserta didik telah menyiapkan Lembar Verifikasi Akun yang memuat nomor peserta dan PIN yang telah diperoleh pada saat pelaksanaan TPA.

2. Akses situs jombang.siap-ppdb.com

3. Pilih jalur pendaftaran. Pada contoh ini, calon peserta didik dianggap mengikuti jalur umum, maka pilih bagian PPDB SMA, pilih Jalur Umum.

 

4. Calon peserta didik memilih tombol Pilih Sekolah.

 

5. Sebelum dapat melakukan Login, calon peserta didik harus melakukan aktivasi akun menggunakan PIN yang telah dimiliki. Untuk melakukan aktivasi akun, pilih tombol Aktivasi Akun.

 

6. Ditampilkan jendela aktivasi akun. Masukkan nomor peserta dan PIN sesuai yang tertera pada Lembar Verifikasi Akun serta masukkan kode gambar sebagaimana tertera pada layar.

7. Pilih Aktivasi Akun.

 

8. Pada isian password, masukkan password yang akan digunakan untuk melakukan login. Pada contoh ini, password yang digunakan adalah 'abrakadabra' ( tanpa tanda petik ).

 

9. Pilih Aktivasi Akun.

10. Akan ditampilkan pesan proses aktivasi akun telah berhasil dilaksanakan. Pilih tombol Login.

 

11. Setelah menekan tombol Login, calon peserta didik akan otomatis login ke sistem penerimaan peserta didik baru.

 

12. Pilih tombol Pilih Sekolah, akan ditampilkan jendela pemilihan sekolah.

 

13. Pilih tombol ' + ' pada sebelah kanan Pilih Sekolah Pilihan, akan ditampilkan pilihan SMA yang mengikuti PPDB Online Kabupaten Jombang tahun 2015. Pilih pilihan sekolah pertama yang hendak dituju oleh calon peserta didik. Pada contoh ini, calon peserta didik memilih SMA Negeri 3 Jombang sebagai sekolah pilihan pertama.

 

14. Untuk memilih pilihan kedua sekolah yang dituju, pilih kembali tanda ' + ' pada sebelah kanan Pilih Sekolah Pilihan 2.

 

15. Pilih pilihan sekolah kedua yang hendak dituju oleh calon peserta didik. Pada contoh ini, calon peserta didik memilih SMA Negeri Jogoroto sebagai sekolah pilihan kedua.

 

16. Setalah memilih dua sekolah yang hendak dituju, pilih tombol Lanjut.

 

17. Setelah memilih tombol Lanjut, akan ditampilkan jendela konfirmasi pilihan. Baca pernyataan yang ada dan berikan tanda centang pada check box Setuju dengan pernyataan diatas, apabila calon peserta didik telah menyetujui pernyataan yang diberikan, kemudian pilih tombol Simpan.

 

18. Setelah memilih tombol Simpan, akan ditampilkan jendela pencetakan Bukti Pendaftaran. Pilih tombol Cetak Bukti Pendaftaran untuk mencetak Bukti Pendaftaran.

 

19. Apabila ditampilkan kotak dialog pencetakan, pilih tombol OK.

 

20. Setelah bukti pendaftaran tercetak, calon peserta didik dan orang tua calon peserta didik menandatangani bukti pendaftaran. Simpan bukti pendaftaran ini baik-baik dan kemudian lampirkan bukti pendaftaran ini ketika melakukan proses pendaftaran ulang di sekolah tempat calon peserta didik diterima.

 

21. Setelah proses pendaftaran selesai dilakukan, pilih tombol Logout sebelum meninggalkan komputer yang digunakan melakukan pendaftaran online.

 

Apakah setelah proses aktivasi dan pemilihan sekolah selesai, dapatkah saya login kembali ke akun saya?

Dapat.

Adapun langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Calon peserta didik kembali mengakses situs jombang.siap-ppdb.com

2. Pilih jalur yang sebelumnya telah diikuti, dalam contoh sebelumnya adalah jalur umum, maka pilih bagian PPDB SMA, pilih Jalur Umum.

 

3. Pilih tombol Pilih Sekolah.

 

4. Pilih tombol Login.

 

5. Setelah tombol Login dipilih, akan ditampilkan jendela Login. Masukkan nomor peserta, password yang telah dibuat pada langkah sebelumnya, dan kode gambar yang muncul di layar.

6. Pilih tombol Login.

 

7. Calon peserta didik akan kembali masuk ke akun yang bersangkutan.

 

Seandainya saya sudah keluar dari batas pemeringkatan di sekolah pilihan pertama ( dalam contoh ini, SMA Negeri 3 Jombang ) padahal waktu pendaftaran belum berakhir, apakah secara otomatis saya akan dimasukkan ke pemeringkatan di sekolah pilihan kedua ( dalam contoh ini, SMA Negeri Jogoroto )?

Benar, calon peserta didik yang sudah tidak tertampung pada pemeringkatan di sekolah pilihan pertama secara otomatis akan dimasukkan ke sistem pemeringkatan di sekolah pilihan kedua.

 

Bagaimana jika di sistem pemeringkatan sekolah pilihan kedua, saya juga hampir keluar batas pemeringkatan, padahal waktu pendaftaran belum berakhir?

Pada mekanisme PPDB Online tahun 2015 di Kabupaten Jombang ini, calon peserta didik diberikan kesempatan membatalkan pilihannya semula sebanyak 1 kali, dan diberikan kesempatan untuk memilih 2 sekolah lagi yang masih memungkinkan menampung calon siswa tersebut sesuai skor yang dimiliki.

Dalam hal ini, misalkan calon siswa baru sudah tidak masuk batas pemeringkatan sekolah pilihan pertama yaitu SMA Negeri 3 Jombang dan di sistem pemeringkatan di sekolah pilihan kedua yaitu SMA Negeri Jogoroto, calon siswa tersebut sudah berada di ambang batas pemeringkatan, padahal waktu pendaftaran belum berakhir, maka calon peserta didik tersebut bisa membatalkan pilihannya semula yang memilih sekolah pilihan pertama dan sekolah pilihan kedua berturut-turut adalah SMA Negeri 3 Jombang dan SMA Negeri Jogoroto, dan menggantinya dengan pilihan baru, misalkan pada contoh ini diganti menjadi pilihan pertama SMA Negeri Ploso dan SMA Negeri Kabuh.

Mekanisme yang bisa diikuti adalah sebagai berikut :

1. Calon peserta didik kembali mengakses situs jombang.siap-ppdb.com

2. Pilih jalur yang sebelumnya telah diikuti, dalam contoh sebelumnya adalah jalur umum, maka pilih bagian PPDB SMA, pilih Jalur Umum.

 

3. Pilih tombol Pilih Sekolah.

 

4. Pilih tombol Login.

 

5. Setelah tombol Login dipilih, akan ditampilkan jendela Login. Masukkan nomor peserta, password yang telah dibuat pada langkah sebelumnya, dan kode gambar yang muncul di layar.

6. Pilih tombol Login.

 

7. Calon peserta didik akan kembali masuk ke akun yang bersangkutan.

 

8.  Pilih tombol Batal Pendaftaran untuk membatalkan pendaftaran.

9. Masukkan password yang digunakan untuk login kemudian pilih tombol Ya.

 

10. Setelah memilih tombol Ya, maka calon peserta didik dapat kembali melakukan pemilihan sekolah yang hendak dituju.

11. Pilih tombol Pilih Sekolah, akan ditampilkan jendela pemilihan sekolah.

 

12. Untuk memilih kembali pilihan pertama sekolah yang dituju, pilih kembali tanda ' + ' pada sebelah kanan Pilih Sekolah Pilihan. Pilih pilihan sekolah pertama yang hendak dituju oleh calon peserta didik. Pada contoh ini, calon peserta didik memilih SMA Negeri Ploso sebagai sekolah pilihan pertama setelah pembatalan.

 

13. Untuk memilih kembali pilihan kedua sekolah yang dituju, pilih kembali tanda ' + ' pada sebelah kanan Pilih Sekolah Pilihan 2.

 

14. Pilih pada pilihan sekolah kedua yang hendak dituju oleh calon peserta didik. Pada contoh ini, calon peserta didik memilih SMA Negeri Kabuh sebagai sekolah pilihan kedua setelah pembatalan.

 

15. Setalah memilih dua sekolah yang hendak dituju setelah proses pembatalan, pilih tombol Lanjut.

 

16. Setelah memilih tombol Lanjut, akan ditampilkan jendela konfirmasi pilihan. Baca pernyataan yang ada dan berikan tanda centang pada check box Setuju dengan pernyataan diatas, apabila calon peserta didik telah menyetujui pernyataan yang diberikan, kemudian pilih tombol Simpan.

 

17. Setelah memilih tombol Simpan, akan ditampilkan jendela pencetakan Bukti Pendaftaran. Pilih tombol Cetak Bukti Pendaftaran untuk mencetak Bukti Pendaftaran baru setelah pembatalan.

 

18. Apabila ditampilkan kotak dialog pencetakan, pilih tombol OK.

 

19. Setelah bukti pendaftaran baru tercetak, calon peserta didik dan orang tua calon peserta didik menandatangani bukti pendaftaran. Simpan bukti pendaftaran ini baik-baik dan kemudian lampirkan bukti pendaftaran ini ketika melakukan proses pendaftaran ulang di sekolah tempat calon peserta didik diterima.

 

20. Apabila setelah proses pembatalan 1 kali dilakukan lagi pembatalan kedua, maka akan ditampilkan pesan kesalahan sebagai berikut :

 

21. Setelah proses pendaftaran selesai dilakukan, pilih tombol Logout sebelum meninggalkan komputer yang digunakan melakukan pendaftaran online.

 

Disclaimer :

1. Semua contoh pilihan sekolah yang digunakan disini hanya sebagai ilustrasi / contoh pemilihan dan tidak menunjukkan pola pemilihan ataupun hal-hal lain terhadap sekolah-sekolah yang digunakan sebagai contoh pilihan kecuali hanya untuk memudahkan penggambaran / ilustrasi pemilihan sekolah dalam proses PPDB online ini.

2. Semua nama dan data yang digunakan pada contoh ini berasal dari sumber data demo yang digunakan pada pelatihan operator PPDB Online di Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Juni 2015.

 

Selasa,
18 Desember 2018
02:26:54 WIB


Kalibrasi jam »
bottom

top

Statistik Pengunjung

434629
TodayToday26
YesterdayYesterday194
This WeekThis Week220
This MonthThis Month2923
All DaysAll Days434629
IP Anda :54.84.236.168

Pengunjung

Locations of visitors to this page

Pengunjung Online

Kami memiliki 11 Tamu online

bottom

Didesain oleh Tim Web SMAN 3 Jombang!. Tahun 2009.