.

Welcome to FLS2N 2016

Kesenian sebagai salah satu unsur kebudayaan, merupakan pendorong dalam mengembangkan berbagai bidang kehidupan. Dalam hal ini, apabila pemanfaatan kebudayaan secara selektif akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi kreatif. Kesenian dengan segala bentuk dan ragamnya merupakan wahana bagi masyarakat luas untuk mengekspresikan diri sesuai dengan tuntutan perkembangan iptek.

Dalam upaya pemberian ruang bagi kreativitas dan potensi siswa di bidang seni, perlu diselenggarakan aktivitas seni. Salah satunya yaitu penyelenggaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional atau yang biasa disebut dengan FLS2N. FLS2N merupakan ajang lomba dan festival bidang seni bagi siswa. FLS2N bertujuan sebagai upaya memberikan ruang bagi kreativitas dan potensi siswa di bidang seni dan sastra. FLS2N diharapkan menjadi  aktivitas yang mampu mewadahi ekspresi siswa. Kegiatan ini diharapkan mampu mewadahi berbagai  bentuk  seni  dan sastra serta mampu mengangkat potensi yang dimiliki siswa sehingga dapat memberikan prestasi dan kebanggaan bagi dunia pendidikan khususnya, dan bangsa Indonesia pada umumnya.

FLS2N ini diadakan setiap tahunnya yang mana seleksinya dilakukan berjenjang. Dimulai dari seleksi tingkat sekolah, dilanjutkan tingkat kabupaten, kemudian tingkat provinsi, dan terakhir tingkat nasional. Seluruh sekolah di Indonesia sangat antusias mengikuti kegiatan ini, mereka mengirimkan putra putri terbaiknya untuk mengharumkan nama baik sekolah mereka. Seperti FLS2N tingkat SMA yang diadakan Kabupaten Jombang pada tanggal 23 April 2016 untuk seleksi kabupaten yang bertempat di SMA Negeri 3 Jombang. Tema yang diusung pada tahun ini adalah “Merajut Keberagaman Seni dan Kebersamaan di Indonesia.

Sebenarnya cabang yang dilombakan pada tingkat Nasional antara lain vocal solo putra dan putri, baca puisi, cipta puisi, seni kriya, film pendek, monolog, desain poster, dan tari berpasangan. Namun untuk wilayah Jawa Timur hanya mengadakan lomba untuk cabang vocal solo putra dan putri, cipta puisi, baca puisi, seni kriya dan film pendek. Hal tersebut karena terbatasnya dana di tingkat provinsi. Meskipun demikian, hal tersebut tidak menyurutkan semangat para peserta untuk mengikuti lomba.

Untuk tahun ini, jumlah peserta dari masing-masing lomba yakni antara 25-28 peserta. Hal ini tentu mengecewakan menurut panitia. Karena tidak semua SMA Negeri maupun Swasta di Kabupaten Jombang ikut dalam kegiatan ini, terutama sekolah yang berada di pinggiran. Panitia berharap pada FLS2N tahun depan, seluruh SMA di kabupaten Jombang bisa mengikuti kegiatan ini. Karena bakat-bakat siswa di bidang seni yang terpendam harus dikembangkan untuk masa depan mereka dan juga demi kemajuan bangsa.

Berbagai persiapan telah dilakukan panitia, seperti sosialisasi dan technical meeting. Tidak hanya panitia, para peserta juga melakukan banyak persiapan. Seperti peserta vocal solo yang sejak jauh-jauh hari sudah banyak latihan vocal dan tidak lupa juga untuk menjaga kondisi.

Selain itu, penghargaan yang bisa didapatkan para pemenang untuk tingkat kabupaten ini adalah piagam yang ini digunakan untuk masuk perguruan tinggi negeri.

So, dont be afraid to develop your potential. Forward the art of Indonesia

 

Selasa,
18 Desember 2018
02:07:21 WIB


Kalibrasi jam »
bottom

top

Statistik Pengunjung

434625
TodayToday22
YesterdayYesterday194
This WeekThis Week216
This MonthThis Month2919
All DaysAll Days434625
IP Anda :54.84.236.168

Pengunjung

Locations of visitors to this page

Pengunjung Online

Kami memiliki 4 Tamu online

bottom

Didesain oleh Tim Web SMAN 3 Jombang!. Tahun 2009.